English Alphabet / Alfabet Bahasa Inggris

Alphabet/Abjad merupakan kumpulan huruf a sampai z , karena ada banyak, sekitar 26 huruf maka orang Indonesia sering menyebutnya dengan kata “abjad”. Dalam Bahasa Inggris abjad ini dikenal dengan “English Alphabet” atau abjad bahasa Inggris.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mulai belajar bahasa Inggris mulai yang paling dasar yaitu pengenalan huruf abjad atau alphabet. 


Dalam pembahasan materi ini, setidaknya kita akan belajar mengenai perngertian abjad/alphabet, macam-macam abjad/alphabet , cara pengucapan atau pelafalannya (prunanciation dalam istilah bahasa inggrisnya) serta beberapa contoh soal yang berkaitan dengan Abjad bahasa Ingris atau Alphabet ini.


Pengertian Alfabet

Saya kutip dari wikipedia bahwa pengertian abjad atau Alfabet (Aplhabet: in English) adalah sebuah sistem tulisan yang berdasarkan lambang fonem vokal dan konsonan

Kata alfabet diambil dari bahasa Yunani, dari dua huruf pertama tulisan mereka yaitu alfa dan beta.

Alfabet berbeda dengan abjad, yang biasanya tidak memiliki lambang vokal, dan berbeda dengan abugida dan aksara silabis, yang setiap hurufnya melambangkan fonem namun dalam bentuk suku kata.

Suatu fonem yang tidak dikandung dalam suatu alfabet dapat ditulis dengan dwihuruf atau tanda diakritik (akut, aksen, tilda, dsb), yang lazim terjadi dalam alfabet Latin. 


Contohnya dwihuruf /ng/ untuk fonem [ŋ] (konsonan sengau langit-langit belakang) dalam bahasa Indonesia; huruf N dengan tanda tilda (Ñ) untuk fonem [ɲ] (konsonan sengau langit-langit) dalam bahasa Spanyol.

Ok, sekarang sudah tahu pengertian English Aphabet. Ingat baik-baik ya, jika suatu saat kita ditanya mengenai pengertian aplhabet ini, kita harus menjawab dengan baik dan benar, jangan sampai menyesatkan si penanya.



Macam-Macam English Alphabet/Abjad 

Setelah tahu definisi alphabet, maka sekarang kita belajar juga tentang variasi atau macam-macam alphabet.

Kebanyakan orang awam mengenal macam-macam huruf abjad ini ada dua yaitu vokal dan konsonan

Kalau kita mau belajar lebih jauh lagi, dalam keilmuan bahasa atau Linguistics, variasi atau alphabet ini dibagi menjadi empat macam, yaitu: huruf vokal (vocal), Konsonan (consonant), diftong (diphthong), kluster (Cluster).

Vocal (huruf vokal) adalah fonem yang dihasilkan dengan menggerakkan udara keluar tanpa rintangan. 


Dalam bahasa, khususnya bahasa Indonesia, terdapat huruf vokal. Huruf vokal ini merupakan huruf-huruf yang dapat berdiri tunggal dan menghasilkan bunyi sendiri. 

Huruf vokal terdiri atas: a, i, u, e, dan o. Huruf vokal sering pula disebut huruf hidup.

Consonant (konsonan) adalah fonem yang dihasilkan dengan menggerakkan udara keluar dengan rintangan. 


Dalam hal ini, yang dimaksud dengan rintangan adalah terhambatnya udara keluar oleh adanya gerakan atau perubahan posisi artikulator. 

Terdapat pula istilah huruf konsonan, yaitu huruf-huruf yang tidak dapat berdiri tunggal dan membutuhkan keberadaan huruf vokal untuk menghasilkan bunyi. 

Huruf konsonan terdiri atas: b, c, d, f, g, h, j, k, l, m, n, p, q, r, s, t, v, w, x, y, dan z. Huruf konsonan sering pula disebut sebagai huruf mati.

Diphthong (diftong) merupakan gabungan dua huruf vokal yang diucapkan sekaligus misalnya ai ,au, oi. 


Sedangkan Cluster (kluster) ialah gabungan dua huruf konsonan yang diucapkan sekaligus misalnya kh, sy, ts, ng, ny dan sebagainya.


Cara Pengucapan Abjad Bahasa Inggris (English Alphabet)

Untuk mengetahui bunyi dari masing-masing huruf, teman-teman bisa belajar melafalkan/mengucapkan tiap huruf pada contoh tabel di bawah ini.

No
Variasi
Huruf
Bunyi
1
Vocal
A a
[ei]
E e
[i:]
I i
[ai]
O o
[ou]
U u
[yu:]


2
Consonant
B b
[bi:]
C c
[si:]
D d
[di:]
F f
[ef]
G g
[dʒi:]
H h
[eitʃ]
J j
[dʒei]
K k
[kei]
L l
[el]
M m
[em]
N n
[en]
P p
[pi:]
Q q
[kyu:]
R r
[a:/ar]
S s
[es]
T t
[ti:]
V v
[vi:]
W w
[‘dʌəlju:]
X x
[eks]
Y y
[wai]
Z z
[zed/zi:]
3
Diphthong


ai
Permai
Au
Aula
Oi
Amboi


4
Cluster
kh
Khasanah
sy
Syarat
Ts
Tsanawiyah
ng
Pandang
ny
Nyonya

Alternatif Selain menggunakan tabel di atas, ada beberapa tools atau software yang bisa membantu untuk menghafalkan dan melafalkan bunyi-bunyi alfabet di atas dengan benar yaitu menggunakan 


.......sephonic dan google translate.

Aplikasi sephonic ini bisa anda download sendiri di internet kemudian diinstall di komputer/tablet/smartphone kalian. 


Sedangkan untuk google translate ini merupakan tool online yang bisa anda akses melalui situs resminya di translate.google.com dan bagi penguna mobile/smartphone kalian bisa pasang/install aplikasi dengan mencari di play store.

Selain 2 software di atas kalian juga bisa mencari lagu mp3 ataupun video tentang cara mengucapkan alphabet bahasa inggris. Ada banyak sekali di internet kalian bisa pilih sendiri.



Berikut ini contoh dan soal latihan tentang English Alphabet.



Questions


1. What is your name?  
2. How do you spell it?
3. What is your hobby?
4. How do you spell it?


Answer


1. My name is Budi
2. Budi => [bi:] [yu:][di:][ai]
3. My hobby is football
4. Football => [ef][ou][ou][ti:][bi:][ei][ei][el:]


Ok, silahkan 4 pertanyaan di atas Anda jawab pada kolom komentar sebagai latihan.
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Top